MERINDING ! LIPI: Kekalahan Ahok Merugikan Jokowi


MERINDING ! LIPI: Kekalahan Ahok Merugikan Jokowi




Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, efek kekalahan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau Ahok Effect jelas akan merugikan Joko Widodo (Jokowi), utamanya di Pilpres 2019, dimana Jokowi digembar-gemborkan akan kembali maju.

Sebab, sudah terbaca sangat gamblang oleh publik luas, kalau Jokowi berpihak kepada Ahok.

"Bahkan tidak hanya Jakarta, dari Sabang sampai Merauke tahu bahwa pemerintah, istana mendukung Ahok. Nah ini tentunya tidak menguntungkan (buat jokowi di Pilpres 2019)," kata Siti dalam diskusi Persatuan Pergerakan bertajuk "Ahok Effect: Prediksi Politik Indonesia 2019", di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (3/5).

Belum lagi, lanjutnya, banyaknya resistensi yang luar biasa terhadap Ahok. Berbeda halnya jika tidak ada resistensi dari masyarakat terhadap Ahok seperti Risma di Jawa Timur.

"Apalagi ini masih hangat, masalah hukumnya juga belum selesai, ada aksi-aksi beberapa kali. Memori kolektif itu semakin tebal jadinya," terang Siti.

Tak hanya itu, lanjut dia, partai-partai pendukung Ahok juga bisa menerima dampak-dampak yang kurang menguntungkan, karena Ahok banyak tidak diterima oleh masyarakat.

"Ternyata tidak nyambung korelasinya, tidak positif antara koalisi elit dengan grassroot. Grass root punya pilihannya sendiri. Monggo saja para Elite, mereka pilihannya lain. Jadi gitu,  masyarakat semakin susah didikte karena demokrasi partisipatoris," tandasnya.

Sumber>>posmetro.info

0 Response to "MERINDING ! LIPI: Kekalahan Ahok Merugikan Jokowi"

Posting Komentar